Pages

Tuesday, December 11, 2018

Pemkot Bandung Jamin Pasokan Pangan Aman Jelang Akhir Tahun

Stok beras aman dan siap dikucurkan jika pasokan di pasar terkendala.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Erick M. Athauriq menjamin pasokak kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) di Kota Bandung aman jelang akhir tahun. Pasokan ini menjadi perhatian serius karena kerap mengalami kenaikan permintaan di akhir tahun.

"Stok (pangan) alhamdulillah terkendali akhir tahun ini," kata Erick ditemui di sela-sela kegiatan Rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Bandung di Hotel Grandia, Kota Bandung, Selasa (11/12).

Ia menuturkan ada beberapa komoditi yang menjadi perhatian utama pasokannya di pasaran. Di antaranya beras, daging ayam dan telur ayam yang biasanya mengalami lonjakan permintaan.

Menurutnya berdasarkan koordinasi dengan Bulog, stok beras aman dan siap dikucurkan jika pasokan di pasar terkendala. Sehingga kebutuhan masyarakat bisa tetap aman.

"Kita fokus pada yang sangat fundamental itu beras. Kita koordinasi dengan Bulog aman bahkan untuk 3-6 bulan ke depan. Jadi kalau dibutuhkan kita siap operasi pasar," ujarnya.

Sementara untuk telur, kata dia, telah didatangkan pasokan dari Blitar. Pasokan ini bahkan membuat harga telur yang sempat naik kembali turun. Sedangkan untuk daging ayam ras pasokan juga aman dari daerah produsen.

Ia menambahkan pada Desember ini biasanya pasokan yang cukup terganggu adalah sayuran. Sebab stoknya sangat bergantung pada faktor cuaca. Kebanyakan komoditas sayuran dipasok dari Kabupaten Bandung. Ini juga menjadi salah satu perhatian tim TPID Kota Bandung.

Untuk menekan harga di pasar, ia menyebutkan pihaknya rutin menggelar bazzar murah di berbagai kecamatan hingga akhir tahun. Sehingga masyarakat tetap bisa mendapatkan kepokmas dengam harga terjangkau.

Let's block ads! (Why?)



December 11, 2018 at 05:13PM from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2RXoOIA
via IFTTT

No comments:

Post a Comment