Pages

Saturday, June 29, 2019

Anak Bertubuh Pendek Belum Tentu Stunting?

IDAI menilai penetapan stunting berdasar WHO tak selalu tepat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Stunting pada anak menjadi salah satu isu kesehatan utama di Indonesia. Akan tetapi Ketua IDAI, Ketua Umum DR.Dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A(K), FAAP., melihat penetapan status stunting ini kerap kali kurang tepat.

Dia menganggap stunting dinilai sebagai perawakan pendek dari barometer yang telah ditentukan, tetapi tidak melihat status gizi baik dan buruknya. Kurva yang menjadi acuan juga hanya dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Saya katakan ke istana (negara), kita buat kurva nasional. Kalau kita pakai kurva WHO, bangsa Jepang butuh 45 tahun dong mengejar. Kenapa kita harus pakai kurva WHO? Jerman Timur mengejar Jerman barat butuh 6 tahun. Korea juga. Dan kita 34 provinsi tidak ada yang sama tingginya," ujar dia di Jakarta.

Jadi Aman menanganggap perlu adanya peninjauan ulang. Ia mencontohkan Papua, misalnya yang mestinya memakai kurva tersendiri. Aman tidak sependapat dan pihaknya juga telah bicara dengan WHO.

Aman bahkan meyakini jika statistik yang dilaporkan saat ini mengenai stunting sebenarnya akan jauh menurun apabila diberlakukan kurva nasional. Dia menambahkan masalah malnutrisi yang sebenarnya perlu dibenahi terlebih dulu, tentu diutamakan terhadap yang berperawakan pendek.

"Ada pendek normal, pendek gemuk, tidak semua anak pendek stunting, dia juga bisa obesitas. Akhirnya kita katakan, ini isu sensitif, kita lihat nanti program pemerintah nanti bagaimana," katanya menambahkan.

Menurut Riskesdas 2018 angka stunting di Indonesia menurun menjadi 30,8 persen dari sekitar 37 persen pada tahun sebelumnya. Fokus IDAI saat ini termasuk menjalankan tujuan perkembangan berkelanjutan oembangunan The Sustainable Development Goals (SDGs).

Menurut Aman, yang paling susah adalah memastikan anak sehat dari sebelum lahir. IDAI berfokus pada 1.000 kehidupan pertama anak,baik dari segi nutrisi, stuntung, ASI, skrining bayi baru lahir, dan penyakit. IDAI juga fokus perlindungan anak dan remaja dari kekerasan dan diskriminasi sesuai UU 35 Tahun 2014.

"Dan kita juga janganlah merasa terlalu percaya diri, karena virus penyakit juga bisa menyerang kapan dan siapa saja," ungkapnya.

Let's block ads! (Why?)



June 30, 2019 at 07:38AM from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2xmkrhE
via IFTTT

No comments:

Post a Comment