Pages

Tuesday, December 11, 2018

BWI Apresiasi Program Wakaf Produktif

Model wakaf di Indonesia acapkali terpaku pada masjid, sekolah, hingga pemakamaman.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Wakil Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Iman T Saptono menyambut positif peluncuran program-program Global Wakaf. Dia mengapresiasi ikhtiar Global Wakaf dalam membangun perekonomian dan kesejahteraan umat melalui sejumlah program wakaf yang produktif dan inovatif.

Iman menilai, paradigma wakaf dibangun Global Wakaf dengan memadukan para pemangku kebijakan wakaf dalam suatu jaringan yang memadukan sektor hulu dan hilir.

"Ini memberikan harapan baru bagi perwakafan nasional. Harapannya wakaf dapat kembali menjadi pilar ekonomi umat yang membawa kesejahteraan umat," ujar Imam saat peresmian program-program andalan Global Wakaf dengan mengusung tema 'Rangkai Kemanfaatan, Segerakan Kebaikan' di Islamic Center NTB, Selasa (11/12).

Imam menyebutkan, ekosistem wakaf yang tersebar di seluruh Indonesia ini telah memberikan maslahat bagi masyarakat luas. Ia menilai, wakaf secara perlahan mulai menggerakan energi produktivitas umat menuju masyarakat yang mandiri dan berdaya.

"Wakaf akan terus mengalir manfaat sampai akhir zaman," kata Imam.

Pemberdayaan wakaf, kata dia seharusnya dimulai dari tatanan keluarga. Sejatinya, kata dia, wakaf harus bergerak pada sektor produktif. Namun, model wakaf di Indonesia acapkali hanya terpaku pada masjid, sekolah, hingga pemakaman.

"Kami mulai mereka-reka apa yang terjadi di Indonesia, akhirnya sampai kesimpulan memang kurikulum wakaf di Indonesia diselewengkan saat Belanda menjajah dengan mengerdilkan wakaf supaya sistem perbankan dan riba berkembang. Artinya saat ini, kita harus kembali berpikir bahwa wakaf sebagai peradaban," ungkap Imam.

Let's block ads! (Why?)



December 11, 2018 at 03:46PM from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2L7Gcry
via IFTTT

No comments:

Post a Comment