Pages

Tuesday, December 11, 2018

OJK Kaji Ulang Proses Pemeringkatan Penerbitan Surat Utang

Surat utang yang gagal bayar merugikan investor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal melakukan kajian proses pemeringkatan atas surat utang yang sudah terbit. Pengkajian ini terutama terhadap surat utang yang gagal bayar. 

Deputi Pengawas Pasar Modal II OJK Fakhri Hilmi mengatakan menyebutkan, ada beberapa surat utang yang mengalami gagal bayar sehingga merugikan para investornya. Sehingga, otoritas perlu melakukan kajian ulang (review) atas proses tersebut. 

Sebelumnya, kata dia, kebijakannya sudah ada. "Jadi nanti kita review lagi," ujarnya kepada wartawan di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa, (11/12).

Sebagai informasi, baru-baru ini dana pensiun PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) mengajukan PKPU dengan menggugat PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI). Pasalnya, perusahaan tersebut sampai sekarang belum membayarkan obligasi yang diterbitkannya. Nilai pokok obligasi tersebut mencapai Rp 1 triiun.

Kasus surat utang yang gagal bayar juga dialami oleh PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) yang sampai sekarang masih menunggak pembayaran kuponnya. Begitu pula, SNP Finance yang gagal bayar medium term notes (MTN) senilai Rp 1,85 triliun. 

"Jadi kita lihat kasus per kasus. Hal itu karena ada tiga kasus bersama, tidak kita samakan," kata Fakhri.

Let's block ads! (Why?)



December 11, 2018 at 03:18PM from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2QpFL1X
via IFTTT

No comments:

Post a Comment