Pages

Wednesday, April 3, 2019

ADB: Perang Dagang dan Brexit Bisa Lemahkan Ekonomi Asia

Perang dagang Cina-Amerika Serikat dapat merusak investasi dan pertumbuhan.

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Pertumbuhan di negara berkembang Asia dapat melambat untuk tahun kedua berturut-turut pada 2019 dan kehilangan momentum lebih lanjut pada 2020. Menurut Asia Development Bank (ADB) hal itu karena meningkatnya risiko ekonomi dari perang dagang AS-Cina dan potensi gangguan dari Brexit.

Negara berkembang Asia, yang mengelompokkan 45 negara di kawasan Asia-Pasifik, diperkirakan akan tumbuh 5,7 persen tahun ini, ADB mengatakan dalam laporan Outlook Pembangunan Asia. Angka ini melambat dari proyeksi ekspansi 5,9 persen pada 2018 dan pertumbuhan 6,2 persen pada 2017.

Proyeksi 2019 mewakili sedikit penurunan dari proyeksi Desember sebesar 5,8 persen. Untuk tahun 2020, wilayah ini diperkirakan akan tumbuh 5,6 persen, yang akan menjadi yang paling lambat sejak tahun 2001.

“Konflik dagang yang semakin memburuk antara Republik Rakyat Cina dan Amerika Serikat dapat merusak investasi dan pertumbuhan di negara-negara berkembang Asia,” kata Yasuyuki Sawada, kepala ekonom ADB, dalam sebuah pernyataan, Rabu (3/4).

ADB juga mengutip ketidakpastian yang berasal dari kebijakan fiskal AS dan kemungkinan Brexit sebagai risiko terhadap prospeknya karena mereka dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi maju dan menutupi prospek ekonomi terbesar kedua di dunia.

"Meskipun kenaikan tiba-tiba suku bunga AS tampaknya telah berhenti untuk saat ini, regulator harus tetap waspada di masa yang tidak pasti ini," kata Sawada.

Ekonomi Cina diperkirakan akan tumbuh 6,3 persen tahun ini, kata ADB, tidak berubah dari proyeksi Desember, tetapi lebih lambat dari ekspansi negara itu yang sebesar 6,6 persen pada 2018. Pertumbuhan di daratan Cina diproyeksikan akan mendingin lebih jauh menjadi 6,1 persen pada 2020. Cina telah menetapkan target pertumbuhan ekonomi 2019 di 6,0-6,5 persen.

Menurut wilayah, Asia Selatan akan tetap tumbuh tercepat di Asia Pasifik, dengan ADB memperkirakan ekspansi 6,8 persen tahun ini - lebih rendah dari perkiraan sebelumnya sebesar 7,1 persen - dan 6,9 persen tahun depan.

Dari perkiraan pertumbuhan 7,0 persen pada tahun 2018, ekonomi India diproyeksikan akan berkembang pada laju yang lebih cepat yaitu 7,2 persen pada tahun 2019 dan 7,3 persen pada tahun 2020, kata ADB, saat tingkat kebijakan yang lebih rendah dan dukungan pendapatan kepada petani meningkatkan permintaan domestik.

Prakiraan pertumbuhan tahun ini untuk Asia Tenggara dipangkas menjadi 4,9 persen dari perkiraan sebelumnya 5,1 persen, karena ADB memperkirakan Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand tumbuh lebih lambat dari yang diperkirakan sebelumnya. Tahun depan, Asia Tenggara diprediksi tumbuh 5,0 persen.

Mengutip harga komoditas yang stabil, ADB menurunkan perkiraan inflasi rata-rata untuk negara berkembang Asia menjadi 2,5 persen tahun ini dari 2,7 persen sebelumnya, dan diperkirakan akan tetap lemah di 2,5 persen pada tahun 2020.

Let's block ads! (Why?)



April 03, 2019 at 01:43PM from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2I1hAlV
via IFTTT

No comments:

Post a Comment